Tuesday, December 13, 2011

Yuk Baca Naskah Kuno Isaac Newton di Perpustakaan Digital

Sebuah naskah asli hukum gerak yang ditulis ilmuan "Gravitasi" Sir Isaac Newton diperlihatkan ke publik secara online, bersama dengan karya-karya ilmuwan-ilmuwan besar dunia lainnya.

Adalah Cambridge University, pihak yang menerbitkan lebih dari 4.000 halaman karya Newton di dalam situs web perpustakaan digital baru, http://cudl.lib.cam.ac.uk. Di dalamnya termasuk tulisan Newton yang berjudul Philosophiae Naturalis dari Principia Mathematica.

Karya tersebut diterbitkan pertama kali pada bulan Juli 1687, 'Principia' tidak hanya berisi hukum-hukum gerak, tetapi juga hukum Newton tentang gravitasi universal. Hal ini secara luas dianggap sebagai salah satu karya paling signifikan dalam sejarah ilmu pengetahuan.

Selama beberapa bulan berikutnya perpustakaan online universitas akan mengupload ribuan halaman lebih, yang membuat hampir seluruh koleksi Newton dan tersedia bagi siapa saja yang ingin melihat dan mengunduhnya.

Perustakaan Digital Cambridge, dibuka pertama kali pada 2010 , di mana koleksi Newton, mulai dikerjakan pada musim panas lalu. Para pekerja Digital Cambridge, mengupload, 200 halaman setiap hari, meskipun pekerjaan konservasi utama harus dilakukan pada beberapa naskah dan notebook sebelum mereka bisa didigitalkan.

Program ini juga dilakukan pada karya ilmuwan terkenal lainnya dari Darwin ke Ernest Rutherford.

Pustakawan Universitas Cambridge, Anne Jarvis mengatakan, "Selama enam abad koleksi Perpustakaan Universitas Cambridge telah berkembang dari hanya sebuah volume beberapa lusin hingga menjadi salah satu perpustakaan terbesar di dunia, dengan akumulasi luar biasa buku, peta, manuskrip dan jurnal," katanya.

Digitalisasi dari makalah Newton memungkinkan Universitas Cambridge mendapatkan penghargaan senilai 1,5 juta Poundsterling, dari Yayasan Polonsky, yang bergerak di bidang pendidikan dan seni.

0 comments:

Post a Comment