Thursday, December 29, 2011

Museum Apple Pindah ke Stanford

Universitas Stanford dipercaya Apple untuk dihibahi koleksi bersejarah perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini. Koleksi ini sebelumnya ada di museum Apple di mana isinya adalah hasil pengumpulan selama bertahun-tahun.

Koleksi-koleksi tersebut kini disimpan dalam ratusan kotak yang diletakkan di fasilitas penyimpanan kampus Stanford. Diharapkan, dengan adanya 'museum' Apple ini para sejarawan, pengusaha dan penggemar Apple bisa mengulik lebih dalam mengenai raksasa teknologi tersebut.

Koleksi yang bisa dijumpai di Stanford berisi mulai dari foto masa Jobs dan Wozniak saat muda, cetakan biru komputer perdana Apple, iklan cetak majalah, iklan TV, t-shirt hingga draft pidato-pidato Jobs.

Selain koleksi tersebut, koleksi Apple lainnya ialah:

- Ratusan foto Steve Jobs kerika ia berada di NeXT COmputer. Foto-foto ini diambil oleh fotografer Douglas Menuez.
- Rekaman finansial yang memperlihatkan penjualan Apple II.
- Dokumentasi persetujuan pinjaman USD 5.000 pada Apple Computer pada April 1976.

Dikutip dari YahooNews, Kamis (29/12/2011), selama beberapa hari para kurator dari Stanford berada di markas besar Apple. Mereka mengemasi berbagai barang yang kemudian dipindahkan ke Stanford melalui dua truk.

"Melalui koleksi ini, Anda dapat melacak evolusi dari personal computer," ujar sejarawan Stanford, Leslie Berlin. Pun juga, dengan adanya koleksi tersebut, masyarakat bisa menyaksikan perjalanan dari sebuah startup yang didirikan di sebuah garasi menjadi sebuah raksasa teknologi yang sangat diperhitungkan.

0 comments:

Post a Comment