Friday, December 30, 2011

The Global Square, Jejaring Sosial untuk Aktivis dan Demonstran

Tak terakomodir kebutuhannya di jejaring sosial Facebook, kelompok ini mendirikan jejaring sosial sendiri. Kelompok aktivis tersebut adalah Occupy Wall Street yang sedang mengembangkan jejaring sosial bernama The Global Square, yang diperuntukan untuk para aktivis dan demonstran yang kerap melakukan aksi protes menuntut keadilan sosial.

"Kami tidak ingin mempercayai fitur pesan pribadi Facebook di kalangan aktivis," kata Ed Knutson, pengembang situs The Global Square.

Tujuan Knutson membantu mengembangkan jejaring sosial ini, untuk menyatukan anggota dari gerakan Occupy di seluruh dunia.

Occupy bisa diartikan sebagai gerakan massa yang mendunia untuk melawan ketidakadilan. Ide-ide gerakan Occupy biasanya dilontarkan melalui media sosial, yang paling sering digunakan adalah Twitter dan Facebook. Hingga kini, tidak jelas siapa yang membentuk Occupy. Namun, para anggotanya selalu menjunjung kebersamaan dan kesetaraan yang biasanya direpresentasikan dengan cara berkumpulnya ratusan bahkan ribuan orang untuk melakukan aksi demonstrasi menyuarakan aspirasi.

Jika Occupy melakukan aksi demonstrasi atau membuat perkemahan seperti di Wall Street kemarin, mereka sering diusir oleh aparat. Karena itu, mereka sedang membangun tempat pertemuan digital lewat jejaring sosial The Global Square.

Ed mengatakan, selain local square (tempat pertemua lokal-red), kita sekarang membutuhkan global square di mana semua orang dari segala bangsa dapat bersatu untuk berpartisipasi dalam tindakan kolektif serta merumuskan tujuan umum dan aspirasi. "Karena alasan ini, kami membutuhkan sebuah alat baru berbentuk online, untuk menggabungkan fungsi komunikatif dari jejaring sosial yang ada hubungannya dengan politik agar mendorong gerakan global kami," kata Ed.

The Global Square akan mencakup peta interaktif gerakan sosial di seluruh dunia, untuk mempermudah si pengguna menemukan gerakan yang paling dekat dengan dirinya. Fitur-fitur yang ada di The Global Square, rencananya akan dibuat menyerupai Facebook. Ada kabar terkini, pesan, kalender event, forum debat, ruang kolaborasi, dan banyak lagi.

Majalah online Wired melaporkan, sistem registrasi The Global Square ini tidak dibuat seperti Twitter dan Facebook. Untuk menjadi anggota, Anda perlu disponsori atau mungkin direkomendasi agar memastikan bahwa Anda dapat dipercaya. Rencanaya, situs ini akan mulai diperkenalkan pada bulan Januari 2012.

0 comments:

Post a Comment