Thursday, December 29, 2011

Facebook vs Twitter, Siapa Lebih Populer di 2011?

Ranah media sosial semakin menegaskan eksistensi dan pengaruhnya sepanjang tahun 2011 ini. Dimana dua layanan pilihan sepertinya patut dialamatkan kepada Facebook dan Twitter. Namun jika diminta untuk memilih, siapa kira-kira yang lebih populer?

Menurut laporan yang dikeluarkan HighBeam Research dan dilansir ZdNet, jika patokannya dari sisi media coverage maka Twitter adalah jawaranya. Situs mikro blogging itu tercatat mendapat coverage sebesar 50%, sedangkan Facebook menguntit dengan 45%.

Dominasi Twitter ini disebutkan terjadi hampir sepanjang tahun, kecuali pada bulan Februari dan April. Twitter begitu sering disebut-sebut ketika media mengulas tentang ranah media sosial.

Namun itu baru dari satu sisi. Jika berbicara tentang penilaian lain, seperti jumlah pengguna, Facebook masih unggul jauh dari Twitter. Situs besutan Mark Zuckerberg itu telah disesaki dengan lebih dari 800 juta pengguna per September 2011, sedangkan Twitter 'hanya' memiliki 100 juta pengguna aktif.

Dominasi Facebook berlanjut pada sisi 'beragam hal' yang diposting penggunanya. Dimana ada sekitar 4 miliar 'hal' yang disharing Facebooker setiap harinya pada pencatatan Juli 2011. Sementara Twitter disesaki sekitar 250 juta tweet per harinya pada Oktober 2011.

Facebook disebutkan memiliki sifat lebih privat. Sementara Twitter lebih terbuka, khususnya terkait penyebaran informasi via layanan online ini yang dapat berkicau sebegitu cepatnya, meski terbatas jumlah karakter.

Hingga pada akhirnya, sulit untuk membandingkan kedua layanan ini apple to apple. Yang pasti keduanya termasuk layanan media sosial yang tengah digemari saat ini. Tinggal tergantung pilihan pengguna, ingin lebih menghabiskan waktu di mana?

Laporan ini juga menyebutkan bahwa media sosial lainnya di belakang Facebook dan Twitter yang paling digemari adalah LinkedIn, MySpace, dan MySpace. Entah kenapa Google+ tidak masuk dalam laporan tersebut.

0 comments:

Post a Comment