Friday, December 23, 2011

Mekanik Isuzu Indonesia Salah Satu Terbaik di Dunia

Meski tidak memiliki merek nasional yang terkenal di tataran internasional. Dunia otomotif Indonesia ternyata cukup diperhitungkan. Kemampuan mekanik kita pun menjadi salah satu yang terbaik.

Hal itu dibuktikan oleh mekanik-mekanik Isuzu ketika berhasil menjadi juara 3 di ajang 6th I–1 Grand Prix Isuzu World Technical Competition di Kawasaki Jepang.

Ajang ini sendiri adalah pertemuan para mekanik Isuzu dari 20 negara di seluruh dunia antara lain New Zealand, Iran, Malaysia, Ethiopia, Japan, Bahrain, Turkey, Mexico, Saudi Arabia, UAE, Vietnam, Indonesia, United Kingdom, Hongkong, Philippine, Srilanka, Singapore, Israel, Oman dan Australia yang dibagi menjadi 4 group. Pada tahun ini Negara Thailand absen pada ajang ini, karena bencana banjir.

Tim Isuzu Indonesia terdiri dari Rudiyanto (teknisi PT Astra International, Tbk–Isuzu Semarang) dan Afmaro Parifina (teknisi PT Astra International, Tbk–Isuzu Semarang) yang didampingi team coach Cartawi, dari Training Centre Isuzu Indonesia. Pada tahun ini, Bpk Yohannes Nangoi, President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia mendapatkan penghormatan untuk memberikan pesan-pesan untuk memberikan semangat kepada seluruh peserta 6th I–1 Grand Prix Isuzu World Technical Competition ini.

Dengan hasil tersebut, kemampuan para mekanik asal Indonesia tentu tidak bisa lagi disepelekan. Apalagi sebenarnya, PT Isuzu Astra Motor Indonesia telah memberikan pelatihan berjenjang kepada para mekanik serta kontes mekanik yang telah dilakukan sejak tahun 1995.

"Peran mekanik sangat penting. Untuk kendaran komersial, setiap kendaraan yang rusak harus dapat diperbaiki dalam waktu singkat. Hal ini berkaitan erat dengan bisnis yang dijalankan pengusaha," ujar Yohannes Nangoi dalam keterangan resminya, Jumat (23/12/2011).

Dalam 6th I–1 Grand Prix Isuzu World Technical Competition ini, para mekanik bertarung menunjukkan ketrampilan terbaik, baik teori maupun praktik, termasuk kemampuan menganalisa gangguan dan melakukan proses perbaikan. Peserta ditantang melakukan pengecekan kendaraan, perbaikan mesin, dan pengukuran komponen mesin.

Posisi 3 sendiri sudah merupakan target yang dicanangkan Isuzu tahun ini sementara juara pertama berhasil diraih Jepang dan Australia mendapat juara kedua.


Buka dealer di Bandung

Selain mengasah kemampuan para mekaniknya melalui beragam kontes, Isuzu pun juga makin mendekatkan diri dengan para konsumennya. salahs atu caranya adalah dengan memperluas jaringan penjualan, service dan spare part agar dapat menjangkau customer di seluruh Indonesia.

Dan yang terbaru, Isuzu pun membuka outlet terbaru di Bandung, Jawa Barat setelah Isuzu Indonesia melihat provinsi Jawa Barat memiliki potensi yang besar dalam segment commercial, dimana Jawa Barat memberikan kontribusi 14% terhadap total penjualan commercial secara nasional. Isuzu sendiri mengambil market 22.6% dari total Jawa Barat.

Isuzu Indonesia berharap dengan outlet baru ini, dapat meningkatkan penjualan terutama untuk Isuzu GIGA, yang dalam waktu dekat akan bertambahn variant dan modelnya di awal tahun 2012 yang akan datang.

Pada tahun 2011 ini, Isuzu Indonesia telah memiliki 87 outlet yang tersebar di 50 kota di seluruh Indonesia. Rencananya pada tahun 2012, Isuzu Indonesia akan menambah 13 outlet tambahan, sehingga diharapkan pada akhir tahun 2012 Isuzu Indonesia memiliki total 100 outlet.

Selain itu Isuzu Indonesia juga membuka 4 parts depo di kota Medan, Pekanbaru, Samarinda dan Banjarmasin. Dengan adanya parts depo ini Isuzu menjamin ketersediaan spare part Isuzu GIGA di daerah tersebut, sehingga operasional customer menjadi lebih terjaga. Dimana ke empat daerah tersebut memiliki market medium truck yang terbesar di Indonesia.

Pada parts depo, Isuzu menyediakan 600 part number untuk Isuzu GIGA, yang mencakup fast dan medium moving parts, cabin, engine rotation, dan transmisi rotation. Untuk mendapatkan spare part tersebut, customer dapat datang langsung ke bengkel resmi Isuzu atau dengan menelpon bengkel resmi Isuzu dan spare part akan diantarkan (call and delivery).

Untuk jaminan ketersediaan spare parts tersebut, PT Isuzu Astra Motor Indonesia, selaku agen tunggal pemegang merek Isuzu di Indonesia, didukung oleh 145 vendor spare parts (Indonesia, Thailand dan Jepang).

Sedangkan untuk jaminan ketersediaan spare part secara nasional, Isuzu memperluas gudang spare part utama yang bertempat di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat seluas 5.000 m2, dengan total stock 5.000 parts number. Rencananya, tahun depan Isuzu akan kembali menambah parts depo, di dua kota yaitu Makasar, Sulawesi Selatan dan di kota Surabaya, Jawa Timur.


Sumbangan Mesin ke Lembaga Pendidikan dan Bantuan Kendaraan Operasional UNICEF

Tidak hanya berbicara mengenai pengembangan sales, service dan spare part. Isuzu Indonesia juga memperhatikan pengembangan untuk lingkungan sekitar. Pada tahun ini Isuzu Indonesia menyumbangkan mesin ke beberapa sekolah/lembaga pendidikan dan pelatihan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Jawa Barat.

Tujuannya, agar mesin-mesin tersebut dapat dijadikan media pembelajaran dan pelatihan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Adapun sumbangan diberikan kepada :

1.Mesin 4JA1 (Mesin Isuzu Panther)
a.Balai Latihan Kerja Provinsi Jawa Barat
b.SMKN 7 Semarang
c.SMKN 2 Yogyakarta
d.SMK Pembangunan Makasar
e.SMK 1 Pembangunan Balikpapan
f.SMKN 2 Banjarmasin

2.Transmisi Automatic AW03 – 72LE Polman Astra

3.Turbo Charger Panther Polmas Astra

4.Pompa Power Steering Isuzu Elf NKR 71 Polman Astra

5.Engine Stand 4JA1 Panther Polman Astra

6.Engine Assy 4JB1TC Polman Astra

7.Engine Assy 4JB1 SMKN Surabaya


Selain itu, Isuzu Indonesia juga memberikan bantuan kendaraan operasional kepada UNICEF, lembaga non profit yang bergerak di bidang kesejahteraan anak–anak dunia.

Dengan kendaraan D-max ini, Isuzu Indonesia berharapkan dapat membantu kegiatan UNICEF untuk dapat terus membantu anak – anak Indonesia untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

0 comments:

Post a Comment