Thursday, December 29, 2011

Panda Geser Popularitas Pippa Middleton

Stasiun televisi Inggris BBC menuai kontroversi setelah merilis daftar 'Tokoh Wanita Tahun 2011'. Sebabnya, mereka menempatkan seekor panda betina bernama Sweetie sebagai tokoh bulan Desember.

Sementara daftar bulan lain diisi oleh tokoh manusia seperti penyanyi Adele dan Pippa Middleton. Kontroversi terhadap daftar pertama kali ramai di situs jejaring sosial Twitter dengan tagar pandagate.

Dilansir dari harian The Telegraph Rabu 28 Desember 2011, banyak pengguna yang mempertanyakan alasan BBC memasukkan binatang ke daftar wanita yang paling banyak menjadi headline surat kabar tahun ini.

"Jadi BBC tak dapat menemukan wanita untuk jadi Tokoh Olahraga Tahun Ini, namun mereka bisa menjadikan seekor panda sebagai Wanita Tahun Ini #pandagate," tweet mantan Perdana Menteri Inggris John Prescott.

Anggota parlemen Inggris Stella Creasy juga mengungkapkan keheranan yang sama dengan mentweet, "Bukan bermaksud meledek Sweetie - dia panda yang manis dan berkelas - tapi judul daftarnya saja menyebut 'wanita', bukan 'betina' tahun ini..."

Sebelumnya, daftar 'Tokoh Olahraga Tahun 2011' yang dirilis BBC juga dikiritik karena dinilai tidak menghargai pencapaian atlet wanita. Seperti dimuat harian the Guardian, atlet yang masuk dalam daftar semuanya berjenis kelamin pria, tak ada satu pun atlet wanita.

Menanggapi hal ini, juru bicara BBC mengatakan kalau masuknya tokoh nonmanusia dalam daftar 'tokoh tahun ini' versi mereka bukanlah yang pertama kali terjadi. "Sebelumnya ada ikan raksasa Benton yang masuk daftar 'Tokoh Pria Tahun 2009' bulan Agustus, serta babi Peppa yang menjadi wajah bulan April dalam daftar 'Tokoh Wanita Tahun 2009'," katanya.

Sweetie adalah panda raksasa dari Beijing yang kini menjadi salah satu koleksi kebun binatang Edinburgh bersama panda jantan bernama Sunshine awal bulan ini. Masuknya Sweetie dalam daftar 'Wanita Tahun Ini' disebut BBC sebagai penambahan yang menyenangkan.

0 comments:

Post a Comment