Friday, December 30, 2011

Mobil Konsep Paling Keren di Indonesia Tahun 2011

Tahun 2011 ini, Agen Pemegang Merek di tanah air berlomba-lomba menelurkan visi mereka tentang kendaraan di masa depan. Mitsubishi, Daihatsu, Toyota dan Honda merupakan beberapa APM yang mengeluarkan mobil konsep mereka.

Dalam polling bertajuk mobil konsep terkeren, detikOto memberikan 5 pilihan yakni Toyota A-BAT, Daihatsu A-Concept, Suzuki Concept-G, Mitsubishi Global Small Concept dan Honda Brio. Mobil mana yang paling keren di mata Otolovers?

Hasilnya, ternyata mobil kecil Mitsubishi yakni Global Small Concept menarik perhatian pembaca detikOto. Hampir 30 persen responden memilih mobil ini sebagai mobil konsep paling keren.

Berikut hasil polling detikOto:
1. Mitsubishi Global Small Concept 28,2 persen
2. Daihatsu A-Concept 21,3 persen
3. Honda Brio 20 persen dan Toyota A-BAT 20 persen
4. Suzuki Concept-G 10,5 persen

Global Small Concept adalah hatchback lima pintu yang rencananya diproduksi massal pada bulan Maret 2012 di pabrik Mitsubishi Motors Corporation yang berada di Thailand.

Untuk dimensinya, mobil yang akan menyasar pasar anak muda ini memiliki dimensi panjang 3.740 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.490 mm. Dengan dimensi seperti itu, mobil tersebut diyakini mampu menari ke kepadatan jalan kota besar seperti Jakarta.

Sementara dapur pacunya, Global Small Car kemungkinan akan menggunakan dua tipe mesin yakni 1.000 cc dan 1.200 cc.

Fitur lain yang disematkan di mobil ini adalah teknologi auto stop and go serta sistem pengereman yang regeneratif. Dengan fitur-fitur itu, Global Small Car pun menjadi yang terdepan dalam teknologi dann akan mampu menekan penggunaan bahan bakar yang diminumnya.

Daihatsu A-Concept merupakan konsep hatchback berharga terjangkau yang didesain oleh desainer asli Indonesia yakni Mark Widjaja.

Dilihat dari bentuk tubuhnya, mobil konsep ini tampak modern dengan lekuk tubuh bagian depan yang tegas dan mata pada headlamp yang terlihat melancip.

Sementara bagian samping mobil yang bermodel hatcback ini tampak mengalir hingga ke buritan yang tampak stylist. Bagian belakang mobil ini sendiri terlihat merupakan bagian paling menarik perhatian dengan lekuk tubuh dan bentuk rear lamp yang menawan.

A-Concept menurut Mark memiliki arti 'awal dari semuanya'. Mark menggarap mobil konsep ini selama 3 bulan. "Dan saya berharap agar konsep ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan memahami sama seperti yang saya pahami," ujar Mark.

Setelah beberapa kali dimunculkan dalam bentuk konsepnya, Honda Brio saat ini sudah mulai diproduksi di Thailand. Harga saat peluncuran di awal tahun ini paling mahal mencapai Rp 147 jutaan di Thailand. Brio pun rupanya tengah dibidik PT Honda Prospect Motor untuk segera meluncur ke pasar tanah air. Honda sudah menggelar survei mobil ini ke beberapa daerah di Indonesia.

Toyota A-BAT merupakan mobil konsep gabungan pikap dan sedan dan juga siap masuk dapur produksi.Mobil bermesin ganda alias hybrid ini memiliki dimensi panjang 4.605 mm, lebar 1.889 mm, dan tinggi 1.625 mm.

Adapun A-BAT dilengkapi dengan mesin listrik yang mengombinasikan mesin bensin 4 silinder yang lebih dikenal sebagai Toyota Hybrid Synergy DriveA.

Meski merupakan pikap, A-BAT sangatlah stylish. Lekukan bodi tidak seperti pikap kebanyakan. Mobil tersebut memadukan antara truk pikap dan sedan mewah.

A-BAT tidak lebih besar dari Toyota HiLux dengan bak kargo sepanjang 1,2 meter. Jika pintu kargo dibuka, tersedia tambahan ruang sepanjang ±0,5 meter.

Suzuki juga siap membuat mobil murah. Konsep tampang mobil tersebut diwujudkan dalam sebuah mobil yang diberi nama Suzuki Concept-G.

Dilihat dari tampangnya, kita akan mendapatkan sebuah mobil kompak yang memiliki garis sederhana.

Dimensi mobil ini meliputi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.535 mm. Dengan dimensi seperti itu, Concept-G pun diharapkan akan bisa meliuk lincah di keramaian jalan.

0 comments:

Post a Comment