Friday, December 30, 2011

Wow.. Ponsel Bisa Memanggil Mobil

Dunia nyata akan makin mirip dengan film. Lihat saja niatan Toyota yang saat ini sedang mengembangkan teknologi yang mampu mengoperasikan mobil hybrid mereka, Prius dari jarak jauh.

Hanya perlu sebuah smartphone untuk mengendalikannya seperti ketika James Bond memanggil mobilnya di film Tomorrow Never Dies. Konsep ini mirip dengan teknologi yang dikembangkan Nissan lewat mobil konsep masa depan PIVO 3.

Kemampuan tersebut di dapat berkat aplikasi Automatic Vehicle Operation System (AVOS) yang sudha termasuk kamera yang mampu membaca garis putih yang biasa ada di parkiran, empat laser untuk memantau setiap benda hingga 2 sensor GPS yang memiliki keakuratan hingga 1 cm seperti dilansir autoexpress, Kamis (29/12/2011).

Melalui smartphone, pemiliknya akan mendapat pertanyaan "Apakah Anda yakin ingin memanggil mobil?" Ketika ditekan 'Ya' maka mobil akan melaju sendiri menghampiri sang pemilik yang memegang smartphone tadi.

Bila sedang 'sibuk' saat di kabin, Toyota juga sedang merancang untuk membuat mobil yang mampu melaju otomatis. Mobil ini ketika di tes Auto Express mampu memperlihatkan keahllian mengemudi dengan menghindari beberapa mobil.

Mobil ini mampu melakukan apa yang bisa dilakukan pengemudi manusia mulai dari menilai segala sesuatu yang mampu menimbulkan potensi bahaya. "Tujuannya adalah untuk menghilangkan kecelakaan," kata pemimpin proyek Susumu Umemura.

Selain mampu menghampiri pemiliknya dan menjalankan mobil, sistem ini juga dirancang untuk membuat mobil mencari parkirannya sendiri. "Beberapa orang tidak begitu baik ketika memarkir. Hal ini mungkin merupakan cara untuk membantu mereka," katanya.

Meski begitu, Toyota menurut Umemura tidaklah bermaksud untuk menghapus 'kekuasaan' manusia atas sebuah mobil. "Kami tidak mengantisipasi sebuah masyarakat di mana pengemudi tidak melakukan apa-apa," tutup Umemura.

0 comments:

Post a Comment