Thursday, December 29, 2011

Begini Cara Menangkal Penyakit Saat Musim Hujan

Sepanjang musim penghujan banyak penyakit yang akan sering mengganggu kesehatan kita. Sebenarnya yang membuat kita sakit adalah karena perbedaan suhu tubuh. Kepala yang terkena air hujan akan lebih dingin dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Itu sebabnya, jika seluruh tubuh basah karena air hujan, kita tidak akan jatuh sakit. Mungkin agak aneh, tapi ya begitulah kenyataannya. Untuk menghindari kerentaan tubuh kita terhadap penyakit di musim hujan, ikuti beberapa tips berikut ini, seperti dimuat dalam MedicMagic.

Vitamin D tidak mencukupi

Vitamin D tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, tapi juga sebagai pertahanan terhadapp penyakit. Mulai dari flu sampai kanker. Vitamin D dapat diperoleh secara alami dari matahari (yang sayangnya jarang kita dapatkan di musim hujan).

Dari makanan, vitamin ini bisa diperoleh dari telur, hati, dan ikan, juga susu dan margarin yang diperkaya dengan vitamin D. Penelitian yang dilakukan di Jepang pada 300 anak menunjukkan bahwa mereka yang menerima suplemen vitamin D, 40% lebih kuat melawan flu.

Penuhi kebutuhan serat harian

Mereka yang mengonsumsi serat larut air dalam waktu enam minggu bisa menjaga tubuh dari serangan bakteri bila dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi serat kombinasi.

Serat larut air dapat diperoleh dari buah-buahan yang rasanya asam, apel, wortel, buncis, dan havermut. Pastikan tubuh mendapatkan sebanyak 25 - 38 gram serat setiap hari.

Jaga berat badan

Penelitian yang dilakukan di Tufts University menunjukkan bahwa berat badal yang ideal membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik daripada mereka yang mengalami obesitas.

Olahraga

Jika aktif, tubuh akan melepaskan energi yang diubah menjadi panas. Dengan suhu tubuh panas, suhu dingin yang disebabkan oleh hujan lebat akan disingkirkan.

Konsumsi buah-buahan warna cerah

Warna buah-buahan seperti pir dan pisang dapat merangsang tubuh dan menyediakan energi. Aroma lemon segar atau jahe juga mampu meningkatkan energi.

Bila kita bisa menjaga tubuh tetap fit meski saat musim hujan, tentu saja kita tidak perlu berobat ke dokter.

0 comments:

Post a Comment