Tuesday, December 27, 2011

Mengintip Rumah Termahal di Dunia Milik Orang Terkaya India

Selain rekor sebagai orang terkaya di India, Mukesh Ambani juga memecahkan rekor memiliki rumah termahal di dunia. Ia membangun rumah 27 lantai dengan tinggi 173 meter yang nilainya ditaksir mencapai Rp 9,6 triliun.

Berlokasi di Mumbai, rumah mewah yang disebut Antilia, mengacu pada kepulauan negeri dongeng, itu dihuni oleh Ambani, istri dan ketiga anaknya. Rumah bertingkat yang bentuknya unik itu selain hunian juga berisi tempat-tempat kebugaran dengan gym dan studio tari, juga kolam renang, ballroom, kamar tamu, lounge dan bioskop dengan kapasitas 50 orang.

Khusus untuk tamu-tamunya, Ambani menyediakan berbagai moda transportasi untuk mencapai rumah mewahnya tersebut. Untuk menghindari kemacetan parah di Mumbai, disediakan berbagai jenis transportasi termasuk helikopter. Setidaknya ada 3 heli pad di atas rumah Ambani tersebut. Sementara di lantai bawah, tersedia ruangan parkir yang muat 160 kendaraan.

Di rumah tersebut juga disediakan 9 lift yang tersedia di lobi. Dan untuk mengurus rumah semegah itu, Ambani memiliki sekitar 600 karyawan.

Lantai atas yang menghadap ke kota Mumbai dan Laut Arabia, dihuni oleh keluarga milyuner berusia 53 tahun itu. Luas ruangan setidaknya mencapai 37.000 meter persegi, lebih luas dari Palace of Versailles.

Rumah tersebut juga dilengkapi dengan cerobong asap dari kaca, baja dan keramik dengan taman gantung 4 tingkat. Menurut laporan, rumah tersebut hampir seluruhnya menggunakan material lokal.

Forbes menuliskan tanaman-tanaman di rumah tersebut menghemat energi dengan menyerap cahaya matahari, sehingga membuat rumah tersebut tetap dingin ketika musim panas dan hangat ketika musim dingin.

Sebagai seorang milyuner, Mukesh tak lupa menambahkan bling-bling kemewahan dari kaca dan emas di aulanya. Sebuah perusahaan Amerika mendeskripsikan desain interior rumah tersebut sebagai 'Asian Contemporari' yang dipengaruhi oleh vaastu atau feng shui ala India, sehingga membuat energi positif selalu mengalir di bangunan itu.

Shiny Varghese, deputy editor majalan India, Design Today mengatakan, rumah Ambani tersebut sangat mengekspresikan trend yang lebih luas.

"Ini jelas sekali sangat bermewah-mewahan dan saya tidak begitu yakin juga banyak orang akan melakukannya, tapi kita menuju ke budaya jangka pendek ketika uang bukan lagi sebuah pertanyaan ketika membangun sebuah rumah," jelasnya seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, Selasa (27/12/2011).

Biaya untuk membangun rumah megah itu diperkirakan mencapai Rp 672 miliar. Namun karena astronomi tanah dan harga properti, kemungkinan nilainya mencapai 15 kali dari jumlah itu. Para ahli mengatakan, tidak ada properti pribadi yang menyerupai rumah Ambani tersebut di dunia.

Ambani, pemilik Reliance Industries selain tercatat sebagai orang terkaya di India, juga merupakan orang terkaya keempat di dunia. Majalah Forbes menaksir nilai kekayaan Ambani mencapai US$ 29 miliar. Bisnis Ambani menggurita mulai dari minyak, ritel hingga bioteknologi sebelum akhirnya berpisah dengan saudaranya Anil Ambani.

0 comments:

Post a Comment