Tuesday, December 13, 2011

Donna Agnesia: Orang Bule Lebih Nasionalis dari Kita

Fenomena pengklaiman budaya Indonesia oleh negara lain sedang fenomenal. Dari Batik sampai lagu daerah, budaya asli Indonesia diklaim dengan gampang oleh negara lain.

Presenter olahraga, Donna Agnesia melihat hal itu sebagai kelemahan bangsa Indonesia sendiri. Istri Darius Sinathrya itu membandingkan dengan orang bule yang sudah lama menetap di Indonesia.

"Aku kenal orang bule yang lama tinggal di Indonesia dan dia kayaknya lebih nasionalis dibanding dengan orang Indonesia nya sendiri kayaknya," ungkap Donna tertawa di seminar Melihat Kearifan Lokal Dalam Khasanah Budaya Untuk Mencari Mitigasi Bencana Masa Lalu, Senin (12/12/2011) di gedung Eks Bina Graha, Jakarta Pusat.

Selain kecewa dengan sikap negara lain, Donna Agnesia juga kecewa dengan masyarakat Indonesia. Pasalnya kalau sudah diklaim, Indonesia baru mulai menghargai budaya sendiri.

"Yang pasti kecewa, dengan oknum-oknum yang mengklaim budaya Indonesia. Sangat disayangkan, ini sudah turun temurun orang Indonesia memang kurang apresiasi akan budaya sendiri," papar Donna.

0 comments:

Post a Comment