Friday, December 23, 2011

Vitamin E Bisa Cegah Kerusakan Sel Tubuh

Kegiatan sehari-hari seperti makan dan olahraga dapat merusak membran plasma, yang melindungi sel tubuh. Untuk memperbaikinya, diperlukan makanan dengan kandungan antioksidan tinggi.

Penelitian yang baru-baru ini dilakukan menemukan bahwa vitamin E, ternyata memiliki peran penting dalam memperbaiki luka di membran plasma. Demikian yang dilaporkan para peneliti Georgia Health Sciences University (GHSU), dalam Nature Communication.

Diwartakan Biochemist, Jumat (23/12/2011), tanpa terjadinya perbaikan sel-sel otot, misalnya dalam proses distrofi otot, yaitu penyakit yang membuat otot melemah dan perlahan-lahan mati.

"Setiap hari, kita mengkonsumsi vitamin E tanpa upaya khusus. Kita bahkan tidak tahu apa yang dikerjakannya dalam tubuh kita," kata Dr Paul McNeil, ahli biologi sel dari GHSU dan penulis penelitian itu.

Vitamin E membantu perbaikan membran sel lewat beberapa cara. Sebagai antioksidan, vitamin ini membantu menghilangkan sisa-sisa reaksi oksigen dalam tubuh, yang jika dibiarkan dapat menghambat perbaikan sel. Sifatnya yang larut dalam lemak, membuat vitamin E benar-benar dapat meresap ke dalam membran dan mencegah serangan radikal bebas. Dia juga dapat membantu menjaga ketersediaan fosfolipid, yang merupakan komponen utama membran, sehingga membran lebih mudah memperbaiki diri ketika mengalami kerusakan.

0 comments:

Post a Comment