Thursday, December 15, 2011

Person of the Year Majalah TIME: Sang Demonstran

Cover dan rubrik utama majalah TIME ramai menjadi perbincangan saat ini di dunia. TIME menobatkan "Sang Demonstran" menjadi Person of the year 2011.

"Ada banyak konsensus di antara masyarakat kita," kata Editor TIME, Rick Stenge seperti yang diberitakan oleh msnbc.com, Kamis (15/12/2011).

Pada sampul gambar majalah TIME, tergambar muka seorang demonstran yang mengenakan tutup kepala dan kain masker yang hampir menutupi seluruh mukanya kecuali pada bagian mata. Di bagian tengah tertulis "The Protester, From Arab Spring to Athens, From Occupy Wall Street to Moscow".

"Pada tahun 2011, para demonatran tidak hanya menyuarakan tentang keberatan mereka; mereka merubah dunia," tulis TIME.

"Tidak ada yang tahu saat seorang warga Tunisia membakar dirinya di sebuah alun-alun, itu akan mempengaruhi pengunjuk rasa untuk menggulingkan diktator dan memulai memunculkan gelombang global," ujar TIME.

Pada tahun 2011, para pengunjuk rasa telah menyuarakan penentangan terhadap para pemimpin otoriter, mulai dari Tunisia, kemudian di Mesir, Libya, Suriah, Yaman dan Bahrain. Arus demonstrasi ini juga menyebar ke Benua Eropa, di Spanyol dan Yunani.

Demonstran juga menyuarakan kemarahan atas kecurangan pemilu di berbagai negara seperti Rusia dan Republik Demokratik Kongo. Di Amerika Serikat (AS), para pengunjuk rasa turun ke Wall Street, lalu menyebar ke New York, dan kemudian di Washington, Chicago, dan kota-kota kecil seperti Trenton.

0 comments:

Post a Comment