Thursday, December 22, 2011

Inilah Surat Resmi FIFA kepada PSSI

FIFA dan AFC akhirnya turun tangan untuk menangani kisruh internal PSSI yang tak kunjung selesai. FIFA dan AFC pun melayangkan surat resmi yang meminta agar PSSI segera ambil tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang dianggap tidak tunduk kepada PSSI.

Berikut surat resmi versi Indonesia yang diterima wartawan dari PSSI;

PERIHAL: SURAT FIFA dan AFC TENTANG KONFIRMASI HASIL PERTEMUAN TOKYO TANGGAL 15 DESEMBER 2011

PESERTA: Djohar Arifin Husin (ketua umum PSSI), Farid Rahman (Wakil Ketua Umum PSSI), Tri Goestoro (Sekjen PSSI), Jerome Valcke (Sekjen FIFA), Zhang Jilong (Acting President AFC) dan Alex Soosay (Sekjen AFC).

1. Statuta FIFA pasal 18 butir 1 menyatakan bahwa "liga atau grup sepak bola lainnya yang yang berafiliasi sebagai anggota FIFA harus tunduk dan diakui sebagai anggota". Pasal ini juga dicerminkan dalam Pasal 16 butir 1 Statuta AFC yang menyatakan bahwa "klub, liga, Asosiasi Regional atau grup-grup lainnya dari stakeholders yang berafiliasi ke Anggota Asosiasi harus tunduk kepada dan diakui sebagai Anggota Asosiasi.

2. ISL bukanlah anggota PSSI dan juga tidak dikenal oleh PSSI. Klub-klub yang bermain di ISL, oleh karena tindakannya akan mengancam kapasitas PSSI untuk melaksanaka Statuta FIFA. Dengan demikian ini merupakan sesuatu yang esensial bahwa PSSI akan mengambil suatu tindakan yang layak dengan maksud agar klub-klub yang bermain di ISL kembali dibawah kontrol PSSI. PSSI diminta memberikan tenggat waktu satu minggu kepada klub-klub ISL untuk kembali ke PSSI. Apabila klub-klub tersebut tidak patuh, akan segera dikenakan sanksi.

3. Permintaan tegas dari FIFA dan AFC bahwa tidak diperkenankan Perangkat Pertandingan PSSI terutama Wasit untuk ikut serta dalam kegiatan ISL. Bagi mereka yang melanggar akan diberikan sanksi.

4. Pemain yang bermain dalam liga ISL tidak bisa ditransfer untuk bermain ke luar negeri. TMS mereka akan dicabut. PSSI diminta menyampaikan kepada FIFA dan AFC daftar nama klub-klub yang ikut ISL.

5. Pemain-pemain ISL juga tidak diperkenankan bermain di Team Nasional.

6. Apabila sampai 20 Maret 2012 situasi kekisruhan ini tidak juga berakhir, maka persoalan PSSI ini akan dilaporkan kepada Komite Asosiasi FIFA dan sanksi akan dikenakan kepada Indonesia.

FIFA sangat mengharapkan agar ISL segera kembali ke PSSI, namun apabila tidak terjadi maka PSSI diminta untuk HARUS MENGAMBIL TINDAKAN TEGaS. UNTUk MEMASTIKAN BAHWA SEMUA. KEGIATAN SEPAK BOLA MASIH DIBAWAH KONTROL PSSI.

Surat ditandatangani oleh:
Jerome Valcke dan Alez Soosay.

0 comments:

Post a Comment