Thursday, December 15, 2011

Feliz Ano Nuevo! Tahun Baru Ala Meksiko

Jika ingin merayakan Natal seperti di telenovela, Anda bisa datang langsung ke Meksiko. Berbagai kegiatan dilakukan penduduknya untuk memeriahkan Tahun Baru, seperti festival jalanan, melakukan ritual khusus, hingga berpakaian khusus Tahun Baru. Anda pun bisa berpartisipasi di dalamnya.

Di malam pergantian tahun, penduduk Meksiko akan berkumpul dengan keluarga untuk makan malam bersama. Ada menu favorit yang tidak boleh ditinggalkan saat makan malam, yaitu bacalalu, ikan cod asin, dan ponche (es buah khas Meksiko). Saat malam semakin larut, semua keluarga akan keluar rumah untuk menikmati kemeriahan Tahun Baru bersama penduduk yang lain.

Dari situs123newyear.com, Kamis (15/12/2011), banyak pilihan perayaan yang bisa Anda ikuti bila ingin merayakan Tahun Baru di Meksiko. Tempat hiburan seperti diskotek dan pub serta jalanan akan ramai dengan berbagai acara yang dibuat khusus menyambut Tahun Baru. Tak hanya itu, perayaan yang bersifat formal, seperti orkestra dan pertunjukkan live musik tradisional juga diadakan.

Perayaan Tahun Baru terbesar di Meksiko adalah festival jalanan yang diselenggarakan di sekitar Zocalo, jantung pusat sejarah Kota Meksiko. Bagian dari festival jalanan yang paling ditunggu-tunggu masyarakat adalah pertunjukkan kembang api yang dimulai tepat tengah malam. Saat itu semua orang akan bersorak "Feliz Ano Nuevo!", atau "Selamat Tahun Baru!".

Tempat lain yang difavoritkan untuk merayakan Tahun Baru adalah pantai, seperti Pantai Acapulco, Cancun, Playa del Calmen, Puerto Vallarta, dan Cabo San Lucas. Pantai ini mulai ramai dikunjungi oleh penduduk Meksiko beberapa hari sebelum Tahun Baru tiba. Jadi, jika Anda ingin menikmati Tahun Baru di pantai Meksiko, jangan lupa memesan penginapan jauh-jauh hari sebelum Tahun Baru tiba.

Malam Tahun Baru di Meksiko juga kental dengan tradisi tertentu yang dilaksanakan para penduduknya. Salah satu contohnya adalah memakan 12 anggur dalam 1 menit pada tengah malam tepat pergantian tahun, sambil mengajukan harapan untuk tahun depan. Anggur yang berjumlah 12 diibaratkan jumlah bulan untuk tahun mendatang. Dengan melakukan hal ini, mereka berharap akan diberi keberkahan di tahun mendatang.

Tradisi lain yang dilakukan penduduk Meksiko dan cukup unik adalah mengenakan pakaian dalam berwarna merah. Untuk pakaian luar, sebagian memilih setelan baju berwarna putih. Ini diibaratkan sebagai simbol perdamaian, spiritual, dan aura positif. Selain putih, warna hijau dan kuning juga menjadi pilihan. Warna hijau dianggap untuk menunjukkan kesehatan dan warna kuning melambangkan kekayaan. Namun tidak diperbolehkan untuk mengenakan warna tersebut bersamaan.

0 comments:

Post a Comment