Sunday, December 18, 2011

Vaclav Havel, Mantan Presiden Czech Meninggal Dunia

Mantan Presiden Republik Czech, Vaclav Havel dikabarkan meninggal dunia dalam usia 75 tahun. Havel yang juga pahlawan dalam Revolusi Velvet, yang berhasil membebaskan diri dari Uni Soviet pada tahun 1989 ini meninggal di dalam tidurnya.

Sekretaris pribadi Havel, Sabina Tancevova membenarkan kabar ini. Menurutnya, Havel meninggal dalam tidur pada dini hari. Havel diketahui telah menderita suatu penyakit dalam waktu yang lama.

"Iya, kabar itu benar," ujar Tancevova seperti dilansir oleh kantor berita AFP, Minggu (18/12/2011).

Vaclav Havel diketahui pernah menjadi Presiden Cekoslovakia pada periode 1989 hingga 1992, kemudian dia menjadi Presiden Republik Czech pada periode 1993 hingga 2003. Havel terus berjuang melawan masalah kesehatan yang dideritanya sejak lama, terutama setelah dia dipenjara dalam tahanan komunis selama 5 tahun.

Pada tahun 1996 lalu, Havel pernah menjalani operasi paru-paru karena kanker, dimana salah satu paru-parunya harus diangkat. Setelah operasi itu, mantan pembangkang ini terus berjuang melawan masalah pernapasan yang dideritanya.

"Pada saat-saat terakhirnya, istrinya Dagmar selalu mendampinginya, bersama dengan seorang suster yang telah merawatnya selama beberapa bulan terakhir," tutur Tancevova.

0 comments:

Post a Comment