Friday, November 25, 2011

Mobil Bekas Obama Paling Diincar

Nama besar Barack Obama sebagai presiden Amerika Serikat nampaknya sudah tidak perlu dipertanyakan. Bahkan untuk urusan mobil bekas sekalipun, diantara berbagai pemimpin dunia saat ini, mobil bekas Obama-lah yang paling diminati oleh masyarakat dunia.

Dalam sebuah survei terbaru seperti dilansir craiglist dan dikutip USA Today, mobil bekas Obama merupakan mobil bekas yang paling diminati saat ini.

Dalam jejak pendapat yang dilakukan pada 11-14 November silam di Britania Raya dengan melibatkan 2009 pengendara dewasa itu, Obama maju paling depan dengan raihan persentase sebesar 28 persen.

Di bawahnya ada kanselir Jerman Angela Merkel yang mendapat perhatian dari 14 persen responden dan perdana menteri Inggris David Cameron yang menjadi 'tuan rumah harus puas dengan 13 persen suara.

Lalu Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, mantan perdana menteri Italia Silvio Berlusconi dan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy ada diurutan selanjutnya.

Kegemilangan Obama ini berbanding terbalik dengan popularitas Berlusconi yang anjlok. Karena ada 35 persen responden yang menyatakan tidak akan membeli mobil bekas Berlusconi ini.

CEO craigslist Jim Buckmaster menjelaskan meski Obama banyak mengalami masalah di Amerika, sosoknya di tataran global mampu melambungkan namanya. "Tetapi jika ia gagal memenangkan pemilihan kembali tahun depan, dia selalu bisa memulai bisnis mobil di Inggris," kata Jim.

Survei ini pun bisa dianggap sebagai ujian seberapa besar kepercayaan publik dunia pada para pemimpin ini. "Ini semacam 'uji mobil bekas' dimana kepercayaan publik adalah satu yang baik untuk politisi mana pun," tambah Jim.

Craiglist sendiri adalah sebuah web jual beli mobil. Jutaan orang di seluruh dunia setiap tahun membeli dan menjual mobil di craigslist, yang sekarang memiliki 700 situs lokal di 70 negara, termasuk Inggris. Dengan begitu, bisa dibilang craigslist sekarang adalah pasar mobil bekas terbesar di dunia.

Hasil jejak pendapat:

A. Pertanyaan: Siapakah pemimpin dunia yang mobil bekasnya 'paling ingin' anda beli?

Hasil:

1. Barack Obama: 28 persen
2. Angela Merkel: 14 persen
3. David Cameron: 13 persen
4. Vladimir Putin: 2 persen
4. Silvio Berlusconi: 2 persen
6. Nicolas Sarkozy: 1 persen
Tak satu pun dari daftar: 28 persen
Tidak tahu: 12 persen

B. Pertanyaan: Siapakah pemimpin dunia yang mobil bekasnya 'paling tidak ingin' anda beli?

Hasil:

1. Silvio Berlusconi: 35 persen
2. David Cameron: 16 persen
3. Vladimir Putin: 16 persen
4. Nicolas Sarkozy: 8 persen
5. Barack Obama: 2 persen
6. Angela Merkel: 1 persen
Tak satu pun dari daftar: 9 persen
Tidak tahu: 14 persen

0 comments:

Post a Comment