Sunday, November 20, 2011

Harga Minyak Dunia Jatuh

Harga minyak dunia jatuh, baik di pasar perdagangan New York dan London, pada Jumat (18/11/2011), menjelang akhir pekan.

Tersungkurnya harga minyak dunia ini terjadi karena dipicu pertentangan pemimpin Eropa atas penyelesaian krisis utang di wilayah mereka. Serta didorong perundingan mengenai ekonomi di AS, yang tampak menuju deadlock.

Di New York Mercantile Exchange, West Texas Intermediate (WTI) tercatat harga minyak mentah untuk pengiriman Desember jatuh sebesar 1,41 dolar AS menjadi ditutup pada 97.41 dolar AS per barel.

Di London, harga minyak jenis Brent Nort Sea, harga minyak mentah untuk pengiriman Januari turun 66 sen menjadi 107,56 dolar AS per barel.

Seperti dilansir AFP, anjloknya harga minyak dunia ini disebabkan karena ketidakpastian sikap pimpinan Eropa untuk menyelesaikan masalah utang di wilayahnya. Para trader melihat terjadinya perang kata-kata yang sedang berlangsung antara Bank Sentral Eropa dan para pemimpin Uni Eropa mengenai bagaimana mengumpulkan lebih banyak dana untuk menjaga stabilitas perekonomian di zona euro.

"Sekali lagi, kita melihat banyak ketidakpastian keluar dari Eropa, "kata Bart Melek dari TD Securities.

"Jika Eropa meluncur ke resesi yang mendalam karena krisis utang, ini akan memiliki konsekuensi negatif bagi permintaan minyak," kata analis Commerzbank, Carsten Fritsch dalam sebuah catatan penelitian.

0 comments:

Post a Comment