Sunday, October 16, 2011

Tour Guide Asia Belum Tahu Borobudur


Meski pernah menjadi salah satu keajaiban ataupun ditetapkan UNESCO sebagai salah satu warisan dunia, belum jaminan Candi Borobudur dikenal di sejumlah negara Asia. Kalaupun pernah mendengar mereka justru mengatakan Borobudur berada di Thailand.

Berdasarkan survey yang dilakukan saat kunjungan manajemen ke sejumlah negara Asia, banyak tour guide belum tahu tentang Borobudur. Bahkan saat berkunjung ke India dan Korea, tidak ada satupun yang tahu.

"Saat di Malaysia hanya sekitar 5 persen yang tahu, demikian juga di Jepang. Thailand hanya diketahui 3 persen saja," ungkap Direktur Pemasaran PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, Agus H Canny kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (15/10/2011).

Ketidaktahuan tour guide mengenai Borobudur memang membuat kunjungan turis dari negara tetangga tersebut sangat minim sekali. Yang menarik candi kebanggaan masyarakat Indonesia justru lebih banyak didatangi masyarakat Eropa.

"Dari 400 ribu kunjungan turis justru didominasi warga negara Belanda, Perancis, Jerman, lalu disusul Malaysia dan Singapura. Untuk itu perlu tanggungjawab semua pihak untuk lebih mengenalkan Borobudur ke masyarakat asing," ungkapnya.

0 comments:

Post a Comment