Wednesday, October 19, 2011

Pembalap Wheldon Tewas Terpanggang di Mobil

KECELAKAAN maut menimpa pembalap kawakan, Dan Wheldon. Pembalap Inggris yang pernah meraih kemenangan kedua di Indycar 500 tahun ini tewas setelah mengalami kecelakaan di trek balapan IndyCar 300. Mobilnya terbakar dan hancur berkeping-keping di Motor Speedway-Las Vegas, Minggu (16/10/2011).

Tragedi kecelakaan yang membuat tewasnya pembalap berusia 33 tersebut melibatkan 15 mobil balap berkecepatan di atas 322 kilometer per jam sehingga balapan harus dihentikan lebih awal.



Wheldon yang menggunakan mobil bernomor 77 menghantam mobil lain di depannya kemudian terpelanting terbang sebelum menghantam pagar pembatas di tikungan kedua. Api dari percikan bahan bakar mobil segera membakar mobilnya. Bahkan beberapa mobil tampak dalam kondisi terbalik usai kecelakaan.

Ia masih bisa dikeluarkan dari mobil balap dan mendapat perawatan medis pertama. Namun sayang, dua jam setelah itu kabar kematian pria asal Inggris yang pindah ke AS untuk balapan Indycar itu segera diumumkan.

Wheldon meninggalkan istri bernama, Susie dan dua orang anaknya laki-laki. "Saya ikut berduka buat keluarganya. Dia pasti sangat dirindukan," kata pembalap putri, Danica Patrick, yang meninggalkan IndyCar tahun ini dan pindah ke ajang NASCAR. .

"Tak pernah terjadi kejadian yang seperti ini sebelumnya. Suasananya seperti perang di film 'Terminator'. Maksud saya di trek banyak sekali pecahan logam dan mobil yang terbakar di tengah-tengah trek. Masing-masing mobil sudah jadi rongsokan, mengerikan," kata Ryan Briscoe, pembalap Indycar yang ikut balapan.

Wheldon memulai start dari posisi 34, dengan kemampuannya membalap ia bisa melesat melewati 10 pembalap di depannya hingga setelah menembus posisi 24 terjadi kecelakaan beruntun di depannya pada lap ke-11. Dia tak bisa menghindar dari mobil yang sudah mengalami kecelakaan di depannya. Rem maupun kemudinya tak bisa mengambil jalur aman.

Wheldon yang memiliki nama lengkap Daniel Clive "Dan" Wheldon merupakan juara Indy Racing League IndyCar Series di 2005, dia juga juara Indianapolis 500 di tahun yang sama dan juga tahun 2011 ini.

Tiga pembalap lain terdiri dari Power, JR Hildebrand, dan Pippa Mann juga sedang dalam perawatan di rumah sakit terdekat.

Dari tayangan ulang, kecelakaan beruntun itu terjadi dimulai dari mobil Wade Cunningham yang membanting kemudinya lalu Hildebrand mengenai ban belakang Cunningham. Mobil Hildebrand terbang dan mobil Cunningham menghantam pembatas. Kejadian ini kemudian menimbulkan efek reaksi berantai beberapa mobil di belakangnya.

"Saya termasuk dari pembalap pertama yang menyebabkan kecelakaan. Pada saat seperti ini siapa yang harus disalahkan bukan jadi masalah utama," kata Cunningham.

0 comments:

Post a Comment