Monday, October 31, 2011

Bocah di Inggris lebih Doyan Mabuk Dibanding Orang Dewasa

Rata-rata anak usia 12 tahun di Inggris ternyata minum minuman alkohol setara dengan 19 gelas anggur per minggu.

Data ini diketahui berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 83.000 murid sekolah di negara itu. Dalam survei tersebut, anak-anak usia antara 12-13 tahun yang menjawab pertanyaan yang dibuat Unit Pendidikan Kesehatan Sekolah, mengatakan 4% di antara mereka minum 28 unit atau lebih alkohol, jumlah yang bahkan melebihi angka yang disarankan untuk orang dewasa.

Kajian tahunan ini menimbulkan kekhawatiran tentang kebiasaan makan dan minum serta jadwal tidur kalangan muda, meski menemukan angka merokok lebih sedikit dari tahun sebelumnya.

Pemerintah Inggris mengatakan akan menindak tegas siapa saja yang menjual alkohol pada anak-anak.

Seorang juru bicara Deparmen Kesehatan mengatakan strateginya mengatasi masalah penyalahgunaan obat juga memasukkan unsur pencegahan penyalahgunaan alkohol oleh anak.

"Anak dibawah umur 15 tidak boleh minum (alkohol) sama sekali," katanya seperti dikutip dari BBC.

"Kami melipatgandakan jumlah denda maksimum untuk penjualan alkohol pada anak bawah umur hingga £ 20.000 sekitar Rp 283 juta serta menambah jangka waktu penutupan usaha secara suka rela yang bisa diberikan sebagai alternatif hukuman terhadap kemungkinan diadili untuk penjual alkohol pada anak bawah umur dari mulai 48 jam sampai dua pekan."

Simon Antrobus, kepala lembaga rehabilitasi untuk penyalahgunaan obat dan alkohol Addaction, mengatakan angka ini menegaskan kekhawatiran para praktisi di bidangnya.

"Anak yang mulai minum (alkohol) pada usia belia adalah kelompok yang paling butuh bantuan. Kami juga tahu kalau anak yang orangtuanya menyalahgunakan alkohol juga akan mengikuti jejak itu selanjutnya," tambah Antrobus.

"Penting sekali agar anak-anak ini, beserta keluarga mereka, punya akses terhadap dukungan ahli secepat mungkin," tegasnya.

Sekitar setengah dari anak yang disurvei usia 14-15 tahun mengatakan mencoba merokok, sementara 95% dari anak usia 10-11 mengatakan belum pernah merokok.

Meski demikian kanabis atau ganja adalah jenis narkotika yang paling banyak dicoba oleh anak kelas 10 (setingkat 1 SMA), sementara 15% anak laki-laki mengatakan mereka sudah pernah menggunakannya.

Sementara sedikit sekali yang mengatakan telah menggunakan obat bius jenis heroin, kakain, ekstasi serta sabu-sabu.

0 comments:

Post a Comment