Monday, October 24, 2011

Motor Jadi Sepeda

ADA saja ide yang muncul kalau memang sudah hobi modifikasi. Adi Saka, misalnya. Pria kelahiran Lamduro, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, 24 24 Juni 1982 ini ‘menyulap’ sepeda motor Honda Cup 70, nyaris menyerupai sepeda mini yang biasa digunakan gadis-gadis kecil zaman dulu.

Biaya yang dipakai untuk modifikasi motornya itu memang relatif murah dan terjangkau dibanding modifikasi modern club-club motor yang ada di Kota Banda Aceh. “Cuma sekitar Rp 1.500.000 biaya modifikasinya,” kata Adi kepada Serambi, beberapa waktu lalu.

Adi Saka mengganti hampir seluruh bagian Honda Cup 70 yang satu tahun lebih tua dari usia Adi Saka. Misalnya, lampu depan, bangku (sadal) sepeda, stang sepeda. Dia juga mengganti klakson dengan lonceng sepeda serta memasang keranjang di bagian depan motornya.

Modifikasi motor hingga menyerupai sepeda itu diakui Adi dasarnya hanya coretan atau lukisan pada secarik kertas. “Tidak ada komputer atau referensi lain saya saat memodifikasi Honda Cup 70 ini. Ini saya lakukan apa adanya sesuai keinginan hati saya,” ujarnya.

Agar menambah kepiawaian laju sepeda motornya yang sudah cukup tua itu, Adi mengganti platina menjadi CDI. Selain itu Adi juga mengganti tanki Cup 70 itu dengan sebuah tempat penampungan air (tabung) untuk menambah keunikannya.

“Beberapa waktu lalu ada yang minta beli motor saya Rp 3 juta. Padahal dulu saya beli cuma Rp 700 ribu. Tapi, saya tidak menjualnya. Mungkin kalau diminta 10 jutaan pun saya masih pikir-pikir lagi,” pungkas Adi yang berprofesi mekanik.

1 comments:

Post a Comment