Wednesday, October 26, 2011

Pendapatan 40 Orang Kaya Setara 60 Juta Orang Miskin

Jurang pendapatan antara masyarakat miskin dan kaya di Indonesia semakin lebar. Menurut data yang dihimpun oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Perkumpulan Prakarsa, akumulasi jumlah kekayaan yang dimiliki oleh 40 penduduk terkaya di Indonesia, setara dengan akumulasi kekayaan 60 juta jiwa penduduk Indonesia paling miskin.

"Penguasaan kue ekonomi kini semakin terkonsentrasi pada kelompok super kaya yang jumlahnya sangat kecil. Pada tahun 2010 kekayaan 40 orang terkaya sebesar Rp 680 triliun, atau setara dengan 10,3 persen PDB Indonesia. Jumlah kekayaan 40 orang itu setara dengan kekayaan sekitar 60 juta jiwa paling miskin," tutur Direktur Eksekutif Perkumpulan Prakarsa, Setyo Budiantoro, dalam acara jumpa pers yang digelar di Warung Daun Resto, Jakarta, Rabu (26/10/2011), siang.

Indikasi terjadinya kesenjangan pendapatan, menurutnya juga dapat dilihat dari kepemilikan simpanan pihak ketiga di bank.

Dari data Lembaga Penjaminan Simpanan (Juli 2011), yang dihimpun Perkumpulan Prakarsa, jumlah dana pihak ketiga di perbankan mencapai Rp 2400 triliun di 100 juta rekening nasabah. Namun 40 persen dari jumlah itu (Rp 1000 triliun), dikuasai oleh 0,04 persen nasabah, atau 40 ribu rekening.

"Hanya 1,3 persen rekening menguasai 75 persen dana pihak ketiga (Rp 2000 triliun)," ujarnya.

Kondisi tersebut menurutnya, jauh lebih buruk dengan kesenjangan pendapatan yang terjadi di rezim Orde Baru.

"Menjelang kejatuhan Orde Baru (1997), dimana kekayaan 1 persen penduduk setara dengan kekayaan 28 persen penduduk," ucapnya.

Menurutnya selama ini secara ekonomi dan politik, persoalan kesenjangan seringkali sengaja ditutupi oleh negara atau lembaga-lembaga keuangan internasional konservatif.

"Mengutak atik kesenjangan artinya mempertanyakan struktur ekonomi yang tidak berkeadilan, sehingga menuntut perubahan dan perombakan sistem pembangunan," katanya.

0 comments:

Post a Comment