Friday, October 21, 2011

Final Piala Dunia di Maracana di Rio de Janeiro, Pembukaan di Sao Paulo

Stadion bersejarah Maracana di Rio de Janeiro, akan menjadi tempat final Piala Dunia 2014, sedangkan partai pembukaan akan digelar di stadion Sao Paulo. Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke, Kamis.

Pertandingan pembukaan berlangsung pada tanggal 12 Juni, sedangkan final pada tanggal 13 Juli. Sementara semifinal akan digelar di Belo Horizonte pada 8 Juli, dan perebutan tempat ketiga di Sao Paulo pada 12 Juli.

FIFA menyatakan keprihatinannya atas proses renovasi 12 stadion yang jadi ajang Piala Dunia, tapi Presiden Brasil, Dilma Rousseff menegaskan sejak pertengahan Agustus, bahwa pengerjaan akan sesuai dengan jadwal.

Pemilihan stadion penuh mistis Maracanã sebagai tempat final bukan kejutan besar, tetapi renovasi arena yang terletak di Rio itu sempat diwarnai aksi pemogokan tenaga kerja selama 19 hari. Mereka memprotes atas upah yang rendah, kondisi kerja yang kurang baik serta jaminan kesehatan yang tidak memadai.

Pejabat setempat berharap untuk kerja cepat, menyusul dimulainya hitung mundur 1000 hari menjelang pelaksanaan pada 16 September lalu. Biaya renovasi Maracanã diperkirakan menelan 660 juta dolar AS.

Pada pertengahan September, pemerintah Brasil membuat jaminan bahwa arena di 12 kota telah sesuai jadwal dalam konstruksi atau renovasi dan akan siap pada Desember 2012.

Tapi pemerintah juga mengakui bahwa pekerjaan belum dimulai di lima dari 13 bandara yang akan menyambut jutaan wisatawan dan penggemar.

Brasil juga harus menghabiskan lebih dari 11,4 miliar dolar AS untuk memperbaiki jalan, meningkatkan keamanan dan infrastruktur telekomunikasi negara itu. Perhitungan tersebut berdasarkan studi oleh Getulio Vargas foundation and Ernst & Young consultants.

Secara keseluruhan, Maracana akan menggelar empat pertandingan grup, babak 16 besar, satu perempat final serta final itu sendiri.

Sao Paulo akan menggelar pertandingan pembuka, tiga pertandingan grup lainnya, satu pertandingan pada babak 16 besar serta semifinal.

Ibukota Brasilia kebagian empat pertandingan grup, babak 16 besar dan perebutan tempat ketiga.

Di Belo Horizonte akan ada empat pertandingan grup, babak 16 besar dan semi final kedua.

Salvador menyajikan empat pertandingan grup, babak 16 besar dan perempat final, sementara Fortalezza memiliki empat pertandingan grup, satu 16 besar dan perempat final.

Porto Alegre dianugerahi empat pertandingan grup, babak 16 besar dan perempat final.

Recife memiliki empat pertandingan grup dan babak 16 besar.

Kota-kota Cuiaba, Curitiba, Manaus, Natal masing-masing memiliki empat pertandingan grup.

0 comments:

Post a Comment