Monday, October 24, 2011

Cari Barang Hilang dengan QR Code

Teknologi QR Code umumnya digunakan sebagai link ke sebuah website dan biasa digunakan sebagai alat promosi suatu produk atau perusahaan. Oleh Dynotag, QR Code didayagunakan sebagai tools pelacak barang hilang.

Dynotag, sebuah startup yang berbasis di Seattle, AS, merilis sebuah layanan yang memungkinkan penggunanya membuat QR Code secara gratis dan kodenya akan merujuk ke halaman web personal. QR Code yang telah dibentuk berupa tag ini dapat dicetak dan diletakkan di barang/benda yang berpotensi untuk hilang atau tercecer.

Misalnya, pengguna dapat membuat tag QR Code untuk di tas kopernya. Jika koper ini tertinggal di bagasi taksi atau hilang saat transit di airport, siapapun dapat men-scan QR Code dan langsung akan diarahkan ke website yang berisi data pemilik koper.

Ini bisa juga diaplikasikan di hewan kesayangan Anda. Tinggal cetak tag QR Code tersebut dan gantungkan di kalung/leher hewan kesayangan Anda.

Dynotag dirancang untuk dapat mengirim sebuah e-mail atau teks notifikasi pemilik tag ketika tag di-scan oleh seseorang, berikut dengan lokasi tag berada bila perangkat yang digunakan untuk men-scan dilengkapi dengan GPS.

0 comments:

Post a Comment