Tuesday, February 28, 2012

Hawa Bumi Kian Memanas

Pemanasan global yang semakin parah kini terjadi. Suhu rata - rata pada permukaan bumi semakin meningkat selama beberapa tahun terakhir ini. Setiap aktivitas per individu di muka bumi ini memang berpengaruh terhadap lingkungan.

Sebagian besar peningkatan suhu bumi disebabkan oleh semakin meningkatnya pula aktivitas dan fasilitas hidup manusia yang semakin mewah dan berteknologi modern namun berdampak negatif terhadap bumi, akibatnya terjadi peningkatnya suhu di bumi yang menyebabkan pemanasan global.

Meningkatnya suhu bumi ini dapat menyebabkan tidak stabilnya cuaca dipermukaan bumi yang mengakibatkan terjadinya kemarau panjang dan kebakaran hutan, temperatur yang panas akan menyebabkan gagal panen dan terjadi kelaparan, kehidupan hewan liar dan kesehatan manusia yang terancam.
Sedangkan efek yang dapat dirasakan bagi aktivitas sosial masyarakat antara lain, adanya gangguan terhadap sarana dan prasarana seperti pelabuhan dan bandara, berkurangnya lahan pertanian, peningkatan terhadap resiko wabah penyakit, dan gangguan pada pemukiman penduduk yang menjadi padat karna adanya pengungsian.

Peningkatan suhu dibumi terjadi karna adanya konsentrasi gas-gas tertentu yang biasa kita kenal dengan gas rumah kaca yang berlebih. Hal tersebut disebabkan oleh tindakan dari manusia sendiri seperti kegiatan industri, transportasi, dan penggunaan energi dalam rumah tangga yang berlebihan.

Para ilmuwan telah memperkirakan, selama pemanasan global daerah bagian utara dari belahan bumi pun akan memanas lebih dari daerah - daerah lain dipermukaan bumi, akibatnya gunung- gunung es akan mencair. Bukan hanya itu, peningkatan suhu bumi pun akan menimbulkan terjadinya penyakit - penyakit alam seperti bencana banjir, badai dan kebakaran hutan. Seperti yang sudah banyak terjadi di beberapa daerah di Indonesia akhir - akhir ini.

Bagaimana upaya pencegahannya ? Semakin besarnya kesadaran masyarakat akan pemanasan global ini, membuatnya bergerak untuk melakukan pencegahan atau mengurangi aktivitas-aktivitas yang dapat menyebabkan semakin meningkatnya suhu di permukaan bumi. Sebagian besar nrgara-negara di dunia sedang mencari cara untuk dapat mengatasi permasalahan yang satu ini, yang hingga saat ini belum bisa ditangani secara signifikan.

Hal kecil namun berdampak besar yang dapat dilakukan oleh setiap orang adalah dengan melakukan gerakan menanam pohon kembali. Seperti kita ketahui, pohon dapat menyerap gas karbondioksida di udara, sehingga mengurangi peningkatan suhu yang terjadi di atmosfer.

Bukan hanya dengan gerakan menanam pohon kembali, hal murah dan mudah yang dapat dilakukan oleh setiap orang adalah Bepergian yang ramah lingkungan, artinya berusahalan untuk bepergian dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan yang bebas bahan bakar seperti sepeda. Tidak menggunakan mobil pribadi atau bahkan pesawat pribadi jika hanya berpenumpang 1 atau 2 orang saja, karna dapat menyebabkan pemborosan energi bahan bakan dan meningkatkan polusi udara, mengusahakan diri untuk terbiasa mengunakan angkutan umum.

Melakukan kegiatan positif yang biasa kita sebut dengan 3R (Reduce, Reuce, Recycle). Seperti menghindari penggunaan tas plastik saat berbelanja dan mengguakan tas yang terbuat dari bahan kain yang ramah lingkungan dan dapat digunakan secara berulang-ulang. Mendaur ulang kertas atau plastik yang sudah tidak digunakan menjadi barang-barang yang dapat dimanfaatkan kembali seperti untuk hiasan dan lainnya.

Mematikan alat elektrionik, bukan dalam keadaan stand by. Seperti misalnya televisi dan lampu, sebaiknya kita mencabut aliran listrik pada televisi dan lampu pada saat malam hari sebelum kita tidur. Alat - alat elektronik yang kita biarkan dalam keadaan switch off atau mungkin stand by ternyata masih berpotensi menggunakan energi.

Banyak sekali upaya kecil namun berdampak besar yang dapat kita lakukan untuk mencegah semakin meningkatnya suhu dipermukaan bumi, seperti mengurangi penggunaan AC (Air Conditioner) dalam rumah atau kantor dan membiasakan diri untuk hidup sederhana dan tidak berlebihan.

Untuk mengatasi pemanasan global memang diperlukan usaha yang sangat keras dan butuh waktu yang sangat lama, namun kita bisa mengurangi efeknya dan memulai melakukan hal-hal yang ramah lingkungan untuk menyelamatkan bumi yang telah memberikan kita kehidupan yang sempurna. Namun kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat dan kurangnya kepekaan masyarakat terhadap bumi kita ini lah yang turut menjadi penghambat upaya penyelamatan bumi kita yang sedang marah ini. So, stop global warming.

0 comments:

Post a Comment