Sunday, February 5, 2012

PM Inggris Belanja Sayur di Supermarket

Perdana Menteri Inggris, David Cameron, mengantre di kasir sebuah supermarket di Devon, Jumat (3/2/2012), dengan keranjang penuh ikan segar dan sayuran buat menu makan malam keluarganya.

Harian Daily Mail melaporkan, Cameron masuk ke cabang supermarket Morrisons saat dalam perjalanan pulang ke Oxfordshire, setelah seharian di Plymouth, Devon, untuk bertemu dengan Angkatan Laut Kerajaan (RM) Inggris. Dia habiskan waktu sekitar 15 menit di dalam supermarket di pinggiran kota itu. Cameron terlihat menyusuri lorong-lorong supermarket dan sempat mengejutkan sejumlah pelanggan lain. Ia memilih item makan seperti ikan, kentang, lemon, dan buah-buahan.

Salah seorang pembeli yang berada dalam toko yang sama selama kunjungan mendadak Cameron pada siang itu mengatakan, "Dia masuk antrean dan melakukan transaksi. Ada reaksi yang konservatif. Orang-orang memperhatikan dia, tapi tidak ada orang yang mengerumuninya. Ada sejumlah orang mengobrol dengan dia saat dia dalam antrean, itu membuatnya butuh waktu sekitar lima menit sebelum dilayani (kasir)."

Sejumlah pembeli lain tampak bingung dengan kunjungan itu. Orang yang ada di depan Cameron dalam antrean bermain dengan teleponnya saat menunggu untuk membayar belanjaan. Orang itu tampaknya tak menyadari bahwa ada pengunjung VIP dalam antrean di belakangnya.

Mike Cliff, manajer Plymstock, toko yang dikunjungi Cameron, mengatakan, "Kami terkejut dan senang melihat Perdana Menteri muncul di Morrisons untuk belanja akhir pekannya."

Sebelum ke supermarket itu, Cameron mengunjungi Barak Stonehouse di Plymouth, markas besar Angkatan Laut Kerajaan. Dia juga melakukan tur Devonport Dockyard. Di sana ia melihat sebuah kapal selam nuklir dan berhenti di Endsleigh Garden Centre di Ivybridge di mana ia bertemu para staf.

Apakah Cameron ingin menaikkan citra atau mendapatkan publisitas gratis dengan berlaku layaknya orang biasa? Entahlah. Yang pasti, sudah beberapa kali Cameron melakukan hal-hal yang tidak biasanya dilakukan para pejabat penting sebuah negara. Tahun lalu ia pelesiran berdua dengan istrinya ke Spanyol dengan menggunakan pesawat komersial.Saat berkunjung ke Italia, pada musim panas lalu, permintaan tolongnya kepada seorang gadis pelayan kafe untuk memindahkan gelas kopinya ke meja lain ditolak. Gadis itu tidak tahu kalau tamunya itu adalah Perdana Menteri Inggris. Ketika itu, Cameron memang dalam perjalanan liburan pribadi. Dua minggu lalu, ia juga menjadi berita ketika dengan cekatan menolong pengasuh anaknya, seorang perempuan asal Nepal, yang tampak panik saat memarkir mobil di depan Downing Street, rumah dan kantor Perdana Menteri Inggris.

0 comments:

Post a Comment