Monday, March 5, 2012

Memaksimalkan Warisan Sebesar Rp 100 Juta

Investasi menjadi pilihan tepat bagi Anda yang menerima warisan berupa uang tunai sebesar Rp 100 juta. Namun investasi apa yang paling tepat untuk memaksimalkan nilai uang tersebut, dengan kondisinya saat ini Anda sudah memiliki rumah?

Financial Planner, Freddy Pieloor, CFP mengatakan sebelum menetapkan instrumen investasi terbaik, ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab antara lain:
1. Anda memiliki profil risiko apa? Agresif, moderat, atau konservatif?
2. Tujuan keuangan apa yang ingin Anda capai? Agar dapat menetapkan periode jangka waktu investasi yang akan dilakukan.
3. Pengetahuan dan pengalaman Anda? Sebaiknya seseorang memilih jenis investasi yang telah dipahaminya dengan baik.

Jika tujuan keuangan Anda adalah untuk pensiun, dan jangka waktu investasi yang tersedia selama 33 tahun (pensiun usia 55 dikurangi asumsi usia saat ini 22), dalam tipe profil risiko apa pun, maka instrumen investasi saham sangatlah memadai untuk Anda. Freddy mengatakan saham akan memberikan imbal hasil yang optimal dalam jangka waktu panjang.

Persoalan berikutnya adalah pemilihan jenis saham dan bagaimana membuka rekening saham. Freddy menyarankan, koleksilah saham-saham bluechip, contohnya Bank Mandiri, Bank Central Asia, Telkom, Astra Internasional, dan Unilever. Walaupun Anda akan berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang, Anda tetap perlu memonitor perkembangan saham setidaknya 1-3 bulan sekali. Pergunakanlah perusahaan sekuritas plat merah milih pemerintah. Untuk menambah wawasan, baca juga buku investasi saham sebelum Anda menaruh uang di saham.

0 comments:

Post a Comment