Sunday, March 11, 2012

Coklat Buat Ferrero Terkaya Nomor Satu Italia

Siapa sangka jenis makanan ringan coklat bisa membuat seseorang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia. Dialah Michele Ferrero. Pada awal Maret ini, Forbes mencatatnya sebagai orang terkaya ke-23 di dunia dengan nilai kekayaan bersih sebesar 19 miliar dollar AS.

Dengan coklat, Michele juga tercatat sebagai orang terkaya nomor satu di bidang makanan dan minuman. Ia juga tercatat sebagai orang paling kaya di Italia. Ironis bila melihat Italia yang dikenal kebanyakan orang sebagai salah satu pusat mode dunia. Banyak merek fesyen dan perancang baju ternama bernaung di negara tersebut. Para pengusaha fesyen ini justru membuntuti Michele dalam hal kekayaan.

Produk yang dikenal dari usaha Michele yakni Nutella, Tic Tacs, coklat Kinder yang berbentuk telur, dan coklat hazelnut Ferrero Rocher. Merek-merek coklat ini juga merambah pasar domestik Indonesia. Harganya pun tidak terlampau mahal sekalipun ini merek asing.

Kini, Michele telah menunjuk anaknya, Giovanni sebagai CEO perusahaan coklatnya yang diestimasi Forbes penjualannya bernilai 9,5 miliar dollar AS. Ia menjadi CEO tunggal setelah saudara kandungnya Pietro Junior meninggal dunia karena serangan jantung ketika sedang bersepeda di Afrika Selatan pada April lalu. Pietro sebelumnya menjabat sebagai co-CEO di perusahaan ayahnya.

Perusahaan Michele pun memperkerjakan 18 pabrik dengan lebih dari 21 ribu pekerja di seluruh dunia. Michele sekarang ini tinggal di Monte Carlo, Monaco sementara anaknya Giovanni tinggal di Belgia.

0 comments:

Post a Comment