Thursday, March 1, 2012

Angkatan Laut AS Kembangkan Senjata Super

Angkatan Laut AS mengatakan, pihaknya kian dekat untuk mengembangkan senjata ampuh bagi kapal-kapal perang yang dapat menembakkan peluru hingga ke target sejauh 185 kilometer.

Senjata itu dikenal sebagai railgun elektromagnetik. Senjata tersebut terdiri dari rel-rel paralel serta menggunakan medan magnet dan arus listrik untuk menghasilkan energi guna menembak. Saat ini, senjata di kapal perang hanya memiliki jangkauan sekitar 24 kilometer.

Proyektil senjata itu nanti tidak menggunakan selongsong dan tidak punya bubuk mesiu. Hal itu membuat senjata tersebut secara teknis lebih aman ketimbang teknologi yang ada sekarang. Setelah ditembakkan pada kecepatan hipersonik, proyektil-proyektil itu akan mencapai ketinggian 150.000 meter sebelum turun ke targetnya dengan menggunakan pedoman GPS.

Angkatan Laut AS, Selasa (28/2/2012) malam, mengatakan bahwa pengujian prototipe senjata itu dilakukan di sebuah pangkalan militer di Virginia bulan ini.

Para peneliti Angkatan Laut AS mengatakan, kecepatan tinggi senjata itu dan jangkauannya akan memungkinkan kapal-kapal perang untuk mempertahankan diri terhadap rudal-rudal balistik dan jelajah. Senjata itu juga bisa menyerang kapal musuh.

Angkatan Laut memperkirakan sudah memiliki senjata itu pada tahun 2017.

0 comments:

Post a Comment