Tuesday, October 13, 2015

Penyakit Lupus, Ini 3 Hal yang Menyebabkannya

Lupus
Tidak memandang status sosial, penyakit lupus bisa menjangkit siapa saja. Yang baru-baru ini terkuak adalah penyanyi cantik Selena Gomez yang ternyata juga terserang lupus dan harus meninggalkan kegiatannya di dunia hiburan selama beberapa waktu untuk menjalani pengobatan.
Jadi apa sebenarnya pemicu atau penyebab penyakit lupus? Beberapa dugaan dari ahli medis tentang penyakit yang tergolong kronis itu dapat kita simak seperti berikut, dilansir oleh lamanMedical News Today:
Hormon
Jika ditilik dari sebagian besar penderita lupus yang merupakan wanita (90 persen), maka ada dugaan tentang pengaruh hormon yang memicunya. Ilmuwan menduga esterogen jadi salah satu kambing hitam dari lupus. Hormon esterogen memang dominan dimiliki wanita, dan membuat kaum hawa punya sistem kekebalan tubuh yang lebih besar dibanding pria.
Keturunan/genetik
Para ahli memang baru menduga hal ini, dan belum ada hubungan jelas tentang lupus dan gen. Namun beberapa kasus memperlihatkan adanya risiko hingga 20 kali lipat jika seseorang penderita lupus menurunkannya pada anak keturunannya. Etnis tertentu juga terbukti lebih banyak menderita lupus, seperti Afrika, Asia, Hispanik, polinesia, juga indian.
Lingkungan
Bahan kimia serta virus yang banyak terdapat di lingkungan tertentu, menurut lupus Foundation of America, bisa memicu munculnya penyakit tersebut.
Meskipun masih dugaan, namun penyebab penyakit lupus di atas dapat Anda hindari atau jauhi demi kesehatan seluruh keluarga.

0 comments:

Post a Comment