Thursday, March 21, 2013

Kafein Bagus Buat Pengendara

Kopi membuat mata melek ternyata bukan hisapan jempol semata. Dalam penelitian terbaru, kopi bahkan telah berhasil menyelamatkan banyak nyawa pengemudi yang menempuh jarak jauh.

Untuk membuktikan hal tersebut, para peneliti pun melakukan riset pada para supir truk komersial dengan memberi kopi, teh atau minuman/tablet energi.

Selain itu, para peneliti juga memperhatikan kecelakaan truk dengan berat minimal 12 ton diantara tahun 2008-2011 di New South Wales dan Australia Barat. Penelitian ini dilaporkan di British Medical Journal (BMJ) dilansir iol, Kamis (21/3/2013).

Setelah memperhatikan berbagai faktor seperti usia, pola tidur dan pola istirahat selama perjalanan para peneliti menemukan kalau kafein dapat membantu para supir ini tetap terjaga dan mengurangi kemungkinan kecelakaan sebanyak 63 persen dibanding pengendara yang tidak mengkonsumsi kafein.

Karena itulah, para peneliti mengatakan kalau mengkonsumsi kafein bisa dianggap sebagai strategi untuk perjalanan jauh meski mereka tetap menyarankan para pengemudi untuk mengelola dengan baik waktu tidur dan istirahat mereka serta memperbanyak olahraga.

0 comments:

Post a Comment