Thursday, March 14, 2013

Agar Belanja di Pasar Tradisonal Lebih Nyaman, Lakukan 5 Hal Ini


img

Berbelanja merupakan aktivitas menyenangkan bagi setiap wanita. Meskipun zaman sudah modern, tak sedikit dari mereka yang masih setia untuk berbelanja di pasar tradisional. Apakah Anda salah satunya?

Variasi bahan makanan atau barang yang dijual di pasar tradisional tak kalah lengkapnya dengan yang ada di supermarket atau pasar modern lainnya. Bahkan, belanja di pasar bisa membuat Anda mengeluarkan uang lebih hemat karena barang yang dijual relatif murah. Agar belanja di pasar lebih nyaman, lakukan lima hal ini.

1. Cari Referensi
Mendapatkan harga yang murah bisa membuat Anda nyaman berbelanja. Jadi, Anda perlu mencari referensi atau informasi terlebih dahulu mengenai lokasi pasar yang murah dan lengkap kepada teman, saudara atau kerabat yang sering berbelanja di pasar tradisional. Anda juga bisa mengetahui kisaran harga produk yang dijual, sehingga dapat menawar barang yang akan dibeli.

2. Datang Awal
Jika Anda ingin membeli barang dalam jumlah yang banyak, maka datanglah lebih awal. Sebab, pasar masih dalam keadaan sepi sehingga Anda bisa berkeliling pasar lebih nyaman untuk mencari barang yang Anda perlukan.

3. Bawa Uang Tunai
Pasar tradisional hanya menerapkan konsep dagang yang juga masih 'jadul'. Jadi Anda perlu membawa uang tunai. Sebaiknya Anda sudah menyiapkannya dari awal, sehingga saat berbelanja tidak pusing-pusing untuk mencari ATM.

4. Tawar Menawar Harga
Agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah ketika berbelanja di pasar tradisional maka Anda perlu melakukan sistem tawar menawar. Pastikan pula Anda membeli barang yang sudah ditawar dan tawarlah dengan bahasa yang sopan dan tetap ramah.

5. Keliling Pasar
Jangan hanya terpaku pada satu pedagang saja. Anda juga perlu berkeliling pasar untuk menemukan beberapa referensi pedagang yang menjual barang yang dibutuhkan nantinya. Dengan begitu Anda akan menemukan banyak pedagang yang menjual produk yang sama di pasar tradisional ini. Keliling pasar juga bisa membuat Anda membanding-bandingkan harga, sehingga bisa mendapatkan harga yang terbaik.

0 comments:

Post a Comment