Monday, March 11, 2013

Camilan yang Dianjurkan Selama Nyetir

You are what you eat. Apa yang Anda makan, akan mempengaruhi kualitas hidup Anda. Termasuk saat berada di balik setir atau di atas motor Anda. Aktivitas yang menguras energi, menuntut ketahanan fisik dan konsentrasi, sangat mudah memicu stres baik untuk mental maupun tubuh. 

Driver atau biker yang lapar atau dehidrasi, kemampuan konsentrasinya akan menurun serta lebih mudah marah. Jadi, jangan pernah meninggalkan rumah tanpa bekal cemilan, makanan atau minuman berikut ini. Tak hanya mengganjal perut atau mengisi waktu saat macet, tapi juga ampuh menangkal stress dan meningkatkan ketahanan fisik dan emosi.
AIR, ISOTONIK

Selalu bawa air untuk mencegah dehidrasi karena AC dan panas matahari. Dehidrasi bikin tubuh stres. Kulit, bibir dan tenggorokan kering, konsentrasi menurun, pusing sampai pingsan.

KOPI

“Bagus untuk meningkatkan kerja syaraf. Itu yang membuat orang bisa lebih berkonsentrasi setelah minum kopi. Konsumsi 2 cangkir sehari masih aman,” kata dr. Tirta Prawita SpGK, dosen, spesialis dan aktivis gizi.

JUS BUAH

Sumber gula, vitamin dan energi buat tubuh. Jadi tak mudah capek dan sakit saat menghadapi macet atau perjalanan panjang. “Semua vitamin bagus untuk ketahanan tubuh. Rata-rata buah itu kaya vitamin,” kata ahli gizi, Dr. dr. Annie Kurniawan M.Sc, SpGK. Vitamin A dan C ada di buah merah dan kuning : mangga, jambu, tomat, strawberry dan sebagainya. Zat besi dan seng ada di buah hijau dan sayuran.

ROTI GANDUM, SEREAL, CORNFLAKE

Cocok untuk bekal perjalanan, terutama di pagi hari untuk sarapan di mobil. Makanan berserat ini praktis tapi tapi rasa kenyangnya juga lebih awet. Plus vitamin B dan asam folic-nya manjur mengurangi stress.

KACANG-KACANGAN

Almond, pistachio dan aneka jenis kacang, tak hanya renyah, kandungan vitamin B2, magnesium dan seng-nya membantu redakan stres serta mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas. Gampang dibawa dan dicomot selagi nyetir atau macet.

COKLAT

Terutama dark coklat, ampuh meredakan stress. Ini karena coklat memicu produksi serotonin, hormon yang membuat mood lebih stabil dan menurunkan agresi. Coklat juga memicu produksi endorphin yang menekan stres, membuat rileks dan perasaan senang.

BISKUIT

Camilan paling praktis, gampang dibawa dan dicomot. Pilih yang mengandung kacang-kacangan, coklat, buah atau gandum. Mengganjal perut, menambah energi dan mengusir ngantuk sekaligus usir stres.

0 comments:

Post a Comment