Tuesday, January 3, 2012

Menanti Gebrakan 5 Raksasa Teknologi di 2012

Dengan berlalunya 2011, publik penasaran dengan apa yang disiapkan perusahaan teknologi papan atas di tahun yang baru. Beberapa di antaranya telah membuat pengumuman resmi, namun banyak pula yang masih berdasarkan rumor.

Berikut adalah hal-hal yang patut ditunggu dan menjadi catatan dari lima raksasa teknologi di 2012, seperti dikutip dari PC World, Senin (2/1/2012)

Amazon

Memulai debutnya menjual buku, Amazon kini menjelma menjadi 'raja konten'. Lihat saja, Kindle Fire mencetak angka penjualan fantastis sejauh ini. Amazon menemukan cara membuat tabletnya tersebut lebih serbaguna.

Amazon juga tak lupa memperkaya toko aplikasinya, Amazon Appstore sehingga membuatnya tak ragu berkompetisi secara langsung dengan Android Market milik Google.

Gencarnya ekspansi Amazon di beragam perangkat, memunculkan pula kabar bahwa raksasa retailer online ini akan merilis smartphone di kuartal keempat 2012.

Apple

Apple dikenal pelit berbagi informasi mengenai berbagai rencana yang akan dilakukannya. Pembesut iPhone ini biasanya membiarkan saja berbagai rumor berkembang. Hingga tiba waktunya mereka merilis produk, itulah saatnya semua rumor dikonfirmasikan.

Berbagai spekulasi yang berkembang, menyebutkan Apple di tahun ini akan merilis iPhone 5 dan dua jenis iPad dengan prosesor yang lebih tangguh. Selain itu, pengguna MacBook Pro akan disuguhi seri terbaru laptop powerful tersebut.

Fitur yang paling menonjol dari MacBook Pro terbaru disebut-sebut adalah retina display-nya yang memiliki resolusi lebih tinggi, sehingga sangat mendukung kinerja para pengguna dengan profesi seperti desainer.

Selain itu, publik juga ingin tahu apakah Apple di bawah kepemimpinan Tim Cook masih akan menelurkan inovasi yang melahirkan tren teknologi baru sepeninggal Steve Jobs.

Facebook

Tahun ini, penawaran perdana saham Facebook ke publik (IPO) akan dilaksanakan. Selain itu, rencana membuat ponsel Facebook pun kembali mengemuka, kabarnya dengan tool berbasis lokasi yang lebih terintegrasi.

Iklan pun diperkirakan akan lebih banyak di jejaring sosial nomor satu di dunia ini, membanjiri news stream pengguna. Ini adalah cara baru Facebook agar iklan mereka dibaca calon konsumen yang tepat sasaran.

Google

Di luar dominasinya sebagai mesin pencarian, Android telah menjadi cara kebanyakan orang saat ini terhubung dengan Google setiap hari. Tahun ini, publik akan mulai melihat versi terbaru Android, Ice Cream Sandwich, tersedia di berbagai smartphone baru.

Kita juga akan bisa melihatnya di tablet, mengingat Google berjanji akan merilis tablet yang diklaimnya berkualitas tinggi dan disiapkan untuk menantang iPad secara langsung.

Lihat juga apa yang sudah dilakukan Google untuk meningkatkan beragam fungsi dan kemampuan Google+. Dengan berbagai fitur baru serta lebih terintegrasi dengan beragam produknya, jejaring sosial ini semakin siap bertarung dengan dominasi Facebook.

Microsoft

Microsoft dengan jelas sudah mengumumkan salah satu rencana besarnya di 2012, yakni Windows 8. Sistem operasi (OS) terbaru Microsoft ini versi betanya akan diperkenalkan pada Februari dan dirilis secara resmi setelah itu.

Selain Windows 8, Kinect juga akan unjuk gigi dengan kemampuan barunya. Kontroler gerak untuk Xbox 360 ini akan dibekali sekumpulan sensor anyar yang juga akan tersedia bagi komputer Windows.

Kinect nantinya tak hanya bisa digunakan untuk bermain game, tetapi juga dimanfaatkan untuk video conference bahkan kabarnya mengontrol komputer dengan gerakan tubuh atau membaca gerak bibir.

Microsoft juga disebut-sebut menyiapkan kejutan lain untuk ranah OS mobile. Raksasa software ini berencana menggandeng mitranya merilis smartphone murah yang dipersenjatai Windows Phone Tango.

Di segmen menengah ke atas, di kuartal keempat 2012 Microsoft berencana merilis update besar-besaran untuk OS mobile yang disebut Windows Phone Apollo.

0 comments:

Post a Comment