Tuesday, January 3, 2012

Wah, 'Nenek Moyang' iPhone Sudah Lahir Sejak 1983

Apple memperkenalkan smartphone iPhone pertama kali pada tahun 2007. Namun rupanya, cikal bakal handset berlayar sentuh ini sudah digagas oleh Apple sejak tahun 1980-an.

Tepatnya, prototipe iPhone muncul pada tahun 1983. Tentu saja bentuknya sangat berbeda dengan iPhone generasi modern. Namun demikian, perangkat ini sudah memiliki fungsi untuk menelepon dan layar sentuh yang difungsikan dengan stylus.

Bisa ditebak, teknologi yang dibenamkan dalam perangkat tersebut masih belum secanggih sekarang. Layar sentuhnya sendiri masih monokrom, berwarna hitam putih saja.

Prototipe tersebut didesain oleh salah seorang desainer berpengaruh pada zamannya, Hartmut Esslinger. Ia pula yang membantu pembuatan salah satu komputer awal Apple, yaitu Apple II.

Seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, Senin (2/1/2012), gambar prototipe tersebut sejatinya sudah beredar cukup lama di dunia maya. Namun menjadi topik yang cukup hangat setelah Stanford University mengungkap beberapa dokumen tentang sejarah Apple.

Dokumen tersebut merupakan hasil donasi Apple pada tahun 1997. Sejatinya klasifikasi dokumen ini tergolong rahasia. Namun pihak Stanford kini mulai memperbolehkan akses terhadap dokumen bersangkutan, salah satunya tentang prototipe cikal bakal iPhone tersebut.

Perangkat tersebut tidak pernah dipasarkan secara komersial. Namun menjadi permulaan sepak terjang Apple di dunia perangkat layar sentuh mobile yang ada sekarang. Juga menjadi inspirasi pembuatan gadget Newton, PDA pertama dari Apple.

0 comments:

Post a Comment