Tuesday, February 5, 2013

Pesawat Hawk 100 TNI AU Gagal Take Off

Pesawat tempur jenis Hawk 100 yang gagal terbang di Bandara Sultan Syarif Karim (SSK) II tak mengalami kerusakan. Namun karena gangguan di sistem pengereman, pesawat sempat nyelonong keluar runway.

"Ya sempat keluar runway, 2-3 meter," kata Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Pekanbaru Mayor Filfadri, Selasa (5/2/2013).

Mayor Filfadri menambahkan, sebelum berangkat latihan, pesawat dari Skuadron 12 itu sudah dicek. Bahkan pilot menginformasikan, pesawat dalam kondisi baik, sehingga ia berani melajukan ke landasan.

"Saat memasuki landasan, kecepatan pesawat rendah. Tapi tiba-tiba ada peringatan di sistem pengereman," jelasnya.

Akhirnya, pilot batal menerbangkan pesawat. Tim evakuasi membawa pesawat ke apron. "Tidak ada kerusakan fatal. Pilot selamat," kata Mayor Filfadri tanpa menyebutkan nama pilotnya.

Informasi adanya gangguan pada pesawat temput itu disampaikan petugas Bandara SSK II Pekanbaru. Mereka menyebut, pesawat yang berangkat pada pukul 13.30 WIB itu tiba-tiba berhenti di landasan dan kemudian ditarik ke apron. Dua pesawat komersial mengalami penundaan keberangkatan. Dua pesawat dari Jakarta dan Batam baru bisa mendarat setelah pesawat Hawk-100 dievakuasi.

0 comments:

Post a Comment