Yamaha Indonesia tak lama lagi mau melahirkan generasi terbaru Mio di Indonesia dengan teknologi dan desain "full" baru. Memang masih tentatif, tapi sumber internal Yamaha sempat membisikkan peluncurannya dilakukan semester pertama 2012 dengan sebutan Mio J.
Entah benar atau tidak, satu hal yang pasti, Yamaha Thailand sudah lebih dahulu memperkenalkannya secara resmi via situs mereka dengan sebutan Mio 115 i. Berarti, negeri seribu pagoda duluan memasarkan skutik injeksi. Untuk konsumen Indonesia, informasi ini bisa menjadi bekal ketika sudah dipasarkan nanti.
Dari tampilan, pada bagian fender depan Mio injeksi sama sekali baru. Skutik yang menyasar ke "entry level" ini tetap mempertahankan lampu di setang dan mengubah desain lampu kabut serta sein depan - mirip dengan bentuk spacy - lancip dan terlihat lebih kompak. Bagian buritan, tampak desain lampu lebih segar.
Masih dari situs Yamaha Thailand, Yamaha membekali Mio injeksi dengan beberapa teknologi baru yang belum ada pada Mio sebelumnya di Indonesia. Seperti "Diassil cylinder", Forged Piston (yang juga ada di V-ixion, Jupiter MX dan Xeon sampai sistem asupan bahan bakar YMJet Fi), kunci kontak pengaman bermagnet dan standar samping dengan pengaman ( Side stand swith).
Mesin yang Mio injeksi masih 115cc, 4-tak SOHC, berpendingin udara tapi sudah ada YMJet Fi. Yamaha mengklaim konsumsi bahan bakarnya sangat irit 55kpl. Dengan ukuran tangki bahan bakar yang lebih besar (4,8 liter) membuat konsumen juga bisa lebih lama harus bolak-balik ke SPBU. Memang belum ada informasi berapa tenaga dan torsi maksimum.
Nah, mudah-mudahan informasi ini bisa menjadi acuan konsumen Indonesia sambil menunggu Yamaha Indonesia meluncurkan Mio J tahun ini. Tentu akan ada beberapa perubahan fitur dan warna, tapi informasi ini tentu bisa jadi acuan informasi penting!
Spesifikasi Mio J | |
Mesin | 4-tak SOHC, Berpendingin Udara |
Volume Silinder | 113.69 cc |
Rasio Kompresi | 9.30:1 |
Bore x Stroke | 50x57.9 mm |
Busi | NGK/CR6HSA |
Sistem asupan bahan bakar | Injection system YMJET-FI |
Sistem Pengapian | TCI |
Kopling | Kering otomatis sentrifugal |
Bahan bakar | Bensin beroktan 91 |
Starter | Elektrik dan "Kick" |
Tanki bahan bakar | 4,8 liter |
Kapasitas Oli | 0,8 liter |
Sistem penggerak | Automatic V-belt (V-Belt) |
Rasio gear | 2,343-0,874:1 . |
Saringan udara | Kertas basah |
Dimensi P x L x T | 700 x 1,850 x 1,050 mm |
Tinggi sampai sadel | 745 mm |
Jarak pijak | 130 mm |
Sumbu roda | 1,260 mm |
Bobot bersih/bensin penuh | Net 87/93 kg |
Rem | Piston tunggal (depan) dan teromol (belakang) |
Ban | 70/90-14M/C 34P (depan), 80/90-14M/C 46P (belakang) |
Aki | Kering |
Lampu utama | 12-volt 32 watt |
0 comments:
Post a Comment